AnimoGrozz

Lapak jualan omongan, delusi, imajinasi, dan untold story-nya Om Tako

Pages

Mari mulai tulisan ini dengan pengakuan :')) saya baru tahu kalo Snow Miku itu rilis tahunan. Pas cek beberapa source, terimakasih kepada kecuekan saya tentang hal-hal seputar vocaloid, jadi tahu dah kalo Snow Miku itu semacam festival winter yang diadain tiap tahun sama si Crypton/Vocaloid dengan menjadikan Miku seolah tokoh utamanya.
wkwkwkwk ok lupakan yang penting udah tahu. Jadi kenapa tiba-tiba saya pengen nulis soal Miku padahal saya ga ngikutin dynasty vocaloid??
Alasan utama karna kolaborasi Crypton tahun ini sama Volks,
apa itu Volks? perusahaan boneka, lengkapnya ntar dah coba tak review :)) *kapan review nyaaa :'v


Yuk flash back sejenak tentang apa dan kapan Snow Miku dimulai
1. Sejarah
Sapporo, Hokkaido, kota yang terletak di Jepang bagian utara ini terkenal dengan Festival Salju -Snow Festival- yang digelar tiap tahun. Festival ini menjadi daya tarik bagi para pengunjung dari penjuru Jepang dan turis mancanegara untuk menikmati berbagai acara yang disajikan seperti Ice sculpting dan acara bertema musim dingin lainnya. Dari sinilah Crypton Future Media sebagai 'agency' Hatsune Miku yang memiliki kantor di Sapporo berkontibusi dan memulai event Snow Miku.

Dengan mengandalkan popularitas diva kelas dunia, Hatsune Miku, Crypton media dari tahun ke tahun berhasil menarik  banyak pengunjung ke Snow Festival Sapporo mungkin Snow Miku-lah yang lebih dikenal oleh dunia otaku daripada Snow Festival versi original yang diadakan oleh pemerintah kota Sapporo. Berbagai merchant, layanan dan event-event yang digelar oleh 'festival' Snow Miku ikut menyumbangkan pendapatan sebesar 100 juta yen bagi perekonomian di Hokkaido, dengan menggandeng 40 perusahaan lain sebagai media promosi.  Salah satu partner promosi Snow Miku adalah franchisee karaoke terbesar di Hokkaido, Takahasi, yang menyediakan menu makanan bertema Snow Miku dan goodies seperti key ring dan notebooks.

Selain itu, Thriller Karaoke pun tergabung dalam jaringan promosi Snow Miku dengan ruangan karaoke yang dihiasi ilustrasi Snow Miku.

Menurut catatan di vocaloid.wikia.com, sejak tahun 2010, 2011 dan 2012 Crypton Future Media termasuk sponsor utama winter festival Sapporo. Hatsune Miku pun hadir di penjuru kota Sapporo
Trem Itasha (?) Sapporo City Snow Miku Theme along Nov, 17th 2014 - March, 29th 2015
Tahun 2014 lalu Daihatsu Hokkaido mengembangkan Mira Cocoa Plus Snow Miku Limited Edition. Kamu tahu Daihatsu itu brand apa? yes, mobil, dan Miku beneran dapat brand Mobil atas namanya sendiri.
Tahun ini Snow Miku 2015 diadakan tanggal 5 hingga 11 February, itu berarti hari ini terakhir, ya ya ya... pantas source nya udah rilis capture konser White Bell Miku :))

sebenernya masih gagal paham sama para penggemar idol yang sampe begininya '_') yah... sama saja mereka susah paham sama saya yang suka liatin BJD kali yah


2. Snow Miku Desain 
Dalam festival Snow Miku pun dari tahun ke tahun penampilan sang diva, Hatsune Miku, disupport oleh tim 'wardrobe' khusus,  
Tahun 2011
Default Snow Miku
Tahun 2012 
Desain Snow Miku dipilih melalui kontes. Pemenang desain Snow Miku 2012 menghadirkan Fluffy Coat Snow Miku (ふわふわコートの雪ミク)
Tahun 2013
Miku hadir dengan wardrobe tradisional Jepang, dengan tema Strawberry Daifuku Shiromkui Miku (いちご大福白無垢ミク)
Tahun 2014
Dengan desain bertema Mahou Shoujo yang dipersembahkan oleh dera_fury sebagai pemenang Snow Miku contest 2014, hadirlah Nekosumi beserta additional pet "Rabbit Yukine"

Tahun 2015
Dan... Tahun ini Nardac bertanggungjawab atas Desain Snow Miku, berikut concept art ny, Snow Miku  Snow Bell
3. Year By Year Goodies & Services
Sejarah udah, apperance maskot tiap tahun udah, mari review goodies yang menjadi alasan utama saya mau nulis,
1. Figurine
Figurine Snow Miku pertama dirilis pada 2010 dengan desain default (desain 2011 without scarf) dan dijual terbatas -limited edition- selama Sapporo Winter Festival & Wonder Festival 2010. Versi kedua yang di jual 2011 dikerjakan oleh Takano Meishi yaitu versi articulated yang tersedia selama Wonder Festival 2011 plus GSC (Good Smile Company) Online Shop. Pada 2012 Fluffy coat version masih digarap oleh Takano Meishi dan dijual pada Sapporo Snow Festival 2012, Wonder Festival 2012 dan GCS web. 
Nendo
Snow Miku 2010
Snow Miku Articulated Ver 

Snow Miku 2012
Snow Miku 2013

Snow Miku 2014
Snow Miku 2015
Yuki Miku Nendoroid Puchi and VOCALOID SEASON COLLECTION ~SNOW SONGS CD

Figma
Snow Miku Figma 2012 ver
Figurine 2011 ver


Figurine 2012 ver by Garage Kit

Pinky Snow Miku 2012 ver
Figurine 2013 ver
Figurine 2014 ver
Figma 2015 ver
Ball Joint Doll
Ini part yang bikin saya tertarik, asumsi kan aja all size dan all brand yang punya basic Ball Joint kita kategorikan BJD X'D jadi ini dia...
A. Pullip
Limited Edition Snow Miku Pullip Doll
Snow Miku Pullip doll dirilis oleh Groove inc (marketing). Pullip sendiri merupakan produsen boneka dari Korea yang didirikan sejak 2003 oleh Cheonsang Cheonha. Selain rilisan Snow Miku, Pullip juga pernah kolab dengan Crypton dan merilis beberapa vocaloid doll Hatsune Miku, Kaito, Meiko, Luka, dan Kagamine Twin.

B. Volks
Yay Volks :)) hm... satu kata buat BJD karya Volks "Awesome", udah, nanti bisa ganti topik bahas BJD lama-lama :)) FYI aja size nya DD alias Dolfie Dream sekitar 1/3 scale manusia kurang lebih 60-70 cm
Dengan tema Snow Miku 2011 version lahirlah Snow Miku doll kya kya kya~~ staph :'v
uhm... selain versi Snow Miku, Volks juga pernah merilis versi Miku doll yang lain yaitu Default version, Senbonsakura dan Do Re Mi Fa Rondo costume. :'^ eyegasm liatin BJD? lowest banget rasanya saya orz






2. Plush
hm... kita sebut aja boneka yang empuk *heh?
Snow Miku Plush 2012 ver

Ditto ver
Snow Miku 2014 ver

Snow Miku 2015 Ver




source :

0 Responses so far.

    About Me

    Foto saya
    Sekitaran Indonesia Bagian Barat, Indonesia
    Saya sekedar pengen nulis dan bagi info yang saya baca, mungkin kebetulan saya baca lebih dulu jadi saya ingin elo kali-kali aja pengen tau, gitu

    Followers